Tips Mudah Membedakan SAMSUNG ASLI Atau PALSU!!


TIPS MEMBEDAKAN SAMSUNG PRODUK ASLI (Original) DAN PRODUK PALSU (KW)




1. Handphone (HP) SAMSUNG





  • ·Coba Gosok Tulisan Merek



  • Sebelum mulai dengan mengecek sistem atau jeroan, Sobat bisa memulai dengan mengecek bagian luar atau sisi eksteriornya terlebih dahulu. Cara pertama yang harus Sobat coba terlebih dahulu adalah dengan memperhatikan tulisan Samsung yang tertera pada body ponsel, tepatnya di bagian bawah speaker. Jika Sobat menemukan ponsel tapi tidak ada tulisan Samsung di bagian tersebut, maka ponsel tersebut adalah Samsung palsu. Jikalau pun ada tulisan tersebut, maka coba gosok tulisan Samsung itu menggunakan kuku secara terus menerus, jika nantinya tulisan tersebut mengelupas maka Samsung tersebut adalah palsu atau replika.

    •  Perhatikan Jenis dan Ukuran Tulisan Merek
    Coba Sobat perhatikan baik-baik tulisan Samsung yang tertera baik itu pada bagian depan atau pun bagian belakang ponsel. Kalau ponsel tersebut palsu atau replika, maka tulisan Samsung terkesan aneh baik itu bentuk huruf yang tidak simetris, tulisannya yang terlalu tebal, ataupun tulisannya terlalu kecil atau bahkan terlalu besar. Untuk smartphone Samsung yang asli, tulisannya punya cetakan yang mantap dimana bentuk hurufnya simetris, tidak terlalu tipis atau tebal dan juga ukuran hurufnya proposional menyesuaikan dengan body ponsel. Pokoknya kalau Samsung palsu bentuk hurufnya beda deh, Sobat.

    •  Perhatikan Kualitas Casing

    Namanya juga ponsel palsu, pasti dibuat dengan bahan atau material yang murahan. Ini juga bisa Sobat jadikan tolak ukur saat mau membeli ponsel Samsung baru, yaitu perhatikan kualitas bodynya. Samsung asli pastinya punya kualitas material premium pada bodynya, meskipun hanya berjenis plastik ataupun metal.


     Samsung palsu alias replika tentunya punya kualitas body yang buruk dan terkesan murahan, meski hanya lewat pandangan pun biasanya bisa terlihat. Lalu, pada ponsel Samsung palsu warna yang ada pada bodynya biasanya suka tidak sesuai. Sebagai contoh untuk warna pada body atau casing mempunyai warna putih pucat, sementara pada tombol lainnya seperti Home, Power, atau Volume warnanya putih terang. Hal ini pun bisa kebalikannya. Samsung asli tentu punya warna yang selaras untuk tiap-tiap bagiannya, tidak ada perbedaan sedikitpun.

     

    ·         Lihat  Jarak Tombol Home Dengan Layar

     

    Cara selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan melihat tombol Home. Pada ponsel Samsung asli, jarak antara tombol Home dengan layar pasti berdekatan. Berbeda dengan Samsung palsu atau replika, jarak antara tombol Home dan layar sangatlah renggang, atau bahkan tombol tersebut berada tepat ditengah-tengah. Lalu untuk Samsung palsu, bezel berwarna silver yang ada pada ditiap sisi tombol Home tersebut juga terlihat lebih besar.

     

    2. CHARGER SAMSUNG
    • ·         Perhatikan Charger



    Charger ponsel Samsung asli tentunya memiliki perbedaan dari Samsung palsu dimana Sobat bisa mengamati pada colokan charger. Untuk charger Samsung asli, pada pangkal charger ukurannya lebih besar lalu terlihat ada lekukan kemudian bentuknya mengecil sampai ke ujung. Bila dilihat sekilas colokan tersebut seperti ada sambungan. Berbeda dengan Samsung palsu dimana colokannya terlihat lurus tanpa ada lekukan sedikitpun. Sobat bisa melihatnya.

    • ·         Logo Pada Charger

    Pertama lihatlah label Samsung yang tertera pada atas charger. Logo pada charger Samsung yang Original terkesan ngedof, dan huruf A akan mempunyai bentuk yang khas. Berbeda dengan yang abal-abal, label yang tertera bertinta lebih jelas, dan juga huruf A sedikit aneh.

         
    • Tulisan Pada Samping Charger

    Sobat bisa lihat sendiri perbedaan keduanya. Sama seperti sebelumnya, logo Samsung. Sisanya pada tulisan-tulisan yang tertera bisa sobat amati sendiri pada gambar diatas.










    • Bentuk Kepala Charger

    Selanjutnya kita amati pada bentuknya. 


    Charger ori akan lebih mulus pengerjaanya dibanding yang palsu. Lihat lekukan pada atas charger, yang palsu terlihat lebih tajam. Sama halnya pada port USB charger tidak serapih pada charger yang asli.

    • ·         Logo USB Charger


    Sekarang kita masuk ke bagian cable USB. Perhatikan pada logo charger yang dilingkari merah pada gambar diatas. Charger Samsung yang asli mempunyai warna yang lebih ngedoff. Tidak seperti yang palsu terkesan sangat jelas. Juga pada elemen USB (gambar yang digaris merah)
    Kejadian sama masih pada logo seperti sebelumnya. Lalu pada bagian yang masuk ke port USB Android sobat, charger SAMSUNG yang asli terlihat lebih pendek. Berbanding terbalik dengan charger SAMSUNG palsu yang bentuknya lebih panjang. Itulah perbedaan paling spesifik dari charger merk SAMSUNG antara yang Original dan yang palsu.

    3. BATERAI SAMSUNG

    • ·         Periksa Packing Baterai
    Terlihat dari packing baterai samsung asli berkualitas baik dan dapat melindungi baterai dengan baik, serta warna dan huruf yang tertulis terlihat natural. Perhatikan gambar diatas semuanya nyaris rapi dan baik. 







    • Cek Tanggal Produksi
    Untuk baterai samsung asli terdapat tanggal produksinya silahkan Bandingkan tanggal pembuatannya antara kotak baterai serta pada bodi baterai,  
    Untuk baterai samsung asli tanggal pembuatan yang terdapat pada bodi baterai akan sama dengan tanggal pada yang terdapat pada packing.


    • ·         Periksa Konektor NFC
    Untuk dapat melihat konektor NFC anda perlu melepas label yang yang membalut pada baterai,tapi masalahnyadalah sayang banget kalau kita membeli baterai baru terus di lepas.. Setelah kertas terkelupas, 
    Anda bisa melihat chip NFC dari baterai asli yang dengan kondisi dibungkus dengan baik dan permukaan baterai terasa polos. Tetapi pada baterai yang palsu tedapat cetakan lem, dan permukan baterai terasa menonjol serta tidak ada Chip NFC dari baterai yang KW. 

    • ·         Cek Body dan Label
    Salah satu ciri lagi untuk baterai samsung yang palsu bisa anda lihat dari sisi karto atau label yang membungkus pada body baterai, baterai samsung yang palsu biasanya dari sisi bungkusnya saja sudah  tidak rapi.





    • Periksa Font Pada Label Baterai
    Kemudain untuk membedakan baterai yang asli dan palsu kita bisa melihat dari font tercetak pada baterai, baterai OEM font_nya dicetak dengan baik dengan memiliki huruf hitam dan huruf tebal(tegas) . Sedangkan tulisan pada baterai palsu terlihat sedikit samar dengan pencetakan tidak tegas dan tipis.

    • ·         Cek Sudut Pada Kaki Baterai
    Langkah berikutnya yaitu dengan memeriksa Sudut pada kaki baterai asli menampilkan kerajinan indah dengan tepi yang lebih kecil. Sedangkan pada Sudut kaki baterai yang palsu terlihat lebih besar dan pengerjaan kasar.


    4. HEADSET (Earphone) SAMSUNG
    • ·         Cek Harga Headset

    Jika anda membeli Headset SAMSUNG di toko hp terdekat atau melalui toko online cobalah mengecek harganya yang dijual dan bandingkan harganya di toko resmi jika harga barang tersebut jauh lebih murah dari harga resmi dimungkinkan itu barang palsu, Sebagai saran lebih baik langsung membeli ke toko resmi walaupun jauh tapi tidak mengecewakan dari pada yang dekat tapi abal-abal. Kembali ke topik, jika kalian tidak dapat membelinya di toko resmi hp Samsung (SAMSUNG STORE) kalian dapat mengujungi situs resminya yang dapat kalian cek melalui media online dan dapat  kalian akses melalui google..
    PERINGATAN!! Khusus yang memiliki Jaringan Internet/Paket Data saja, jika tidak punya jangan memaksa orangtua untuk membeli.. wkwkwk :D

    • ·         Periksa Asal Negara & Kode barkode pada Kotak Headset
    Ketika kalian baru saja membeli headset SAMSUNG tipe apa saja yang dijual terpisah cobalah untuk memeriksa Asal Negara barang tersebut pada bagian barcode jika tidak ditemukan kemungkinan headset tersebut palsu.. , Kenapa saya menyebutnya kemungkinan karena bisa saja huruf atau angka pada barcode tidak dicetak karena produknya memang palsu atau produk tersebut sudah memiliki huruf dan angka tercetak tetapi menghilang karena tergerus waktu terlalu lama saat didalam gudang penyimpanan.





    • Cek Warna & Panjang Konektor Kuningan Headset
    Yang saya mau jelaskan disini panjang & warna konektor headset disini berbeda-beda tergantung dari tipe Samsung yang dimiliki teman-teman sekalian, Tapi menurut saya jika kalian memiliki headset Samsung yang menurut kalian asli cobalah untuk mengeceknya melalui situs resmi SAMSUNG untuk mengetahui produk Original dari SAMSUNG,


    jika kalian telah memeriksanya dan terdapat banyak perbedaan maka produk headset yang kalian miliki tersebut kemungkinan palsu, tetapi jika kalian sudah memeriksanya melalui situs resmi produk SAMSUNG terdapat banyak kesamaan antara yang kalian miliki dengan situs tersebut kemungkinan kalian jodoh.. wkwk  
    maksud saya kemungkinan produk yang kalian miliki itu Asli.

    • ·         Periksa Badan Tombol Tengah Headset
    Cobalah untuk menekan tombol tengah pada badan headset tersebut jika kalian menekan dan terdapat tekanan yang lumayan kuat atau biasa disebut medium kemungkinan produk headset tersebut asli tetapi ini bukan sebagai patokan untuk mengetahui barang tersebut asli atau palsu karena ini hanya menurut saya saja biasanya ketika produk itu masih baru dan tombol udah lembek atau bisa dibilang dengan soft kemungkinan tombol itu tidak bertahan lama atau cepat rusak,  jadi saat tombol tersebut digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama dan saat ditekan tidak muncul kembali seperti semula atau kemungkinan bisa saja copot/lepas dari tempatnya (pengalaman pribadi)...hehe

    • ·         Periksa Kabel Headset
    Nah pada bagian ini bisa dibilang cara yang lumayan sulit untuk membedakannya karena pada dasarnya kabel memang lentur jika pun ada yang keras itu pasti bukan kabel melainkan PIPA PARALON.. wkwkwk :D


    Kembali ke pembahasan mengetahui kabel headset yang asli dan palsu bisa dibilang gampang-gampang susah tergantung dari orang itu sendiri masih awam atau sudah ahli dibidangnya, tetapi menurut saya kabel headset samsung yang asli memiliki kelenturan yang pas tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lunak bisa disebut dengan Medium Class, Karena jika kabel tersebut keras maka akan sangat sulit untuk digulung dan dibawa berpergian apalagi jika kabel tersebut terlalu lunak maka akan mudah sekali putus saat digulung ataupun digunakan. Contoh kecil mengetahui produk tersebut asli atau palsu diliat dari sambungan kabel ke konektor saat dilipat.



    Related : Tips Mudah Membedakan SAMSUNG ASLI Atau PALSU!!

    0 Komentar untuk "Tips Mudah Membedakan SAMSUNG ASLI Atau PALSU!!"

    Thanks banget ya udah Baca postingan dari saya. Silahkan Ikuti dan Share jika kalian suka & jangan lupa coment dibawah yah guys✌
    Saya usahain akan balas semua coment dari kalian..☺

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    iklan

    ">