Tips Mudah Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mogok

Bagaimana bayangan anda ketika sedang dalam perjalanan, tiba-tiba motor  kita mati medadak. Sebagian besar akan panik, apalagi motor tersebut injeksi. Makin panik kita dibuatnya, tapi kamu jangan nyerah dulu. Karena segala sesuau pasti ada jalan keluarnya, termasuk masalah motor injection ini. simak cara mengeluarkan perawatan motor untuk lebih lengkap.

Sebelum kita bahas menu kunci, Anda - dan orang-orang perlu memahami sedikit konsep teknologi pada sepeda motor agar bisa lebih mudah dalam perlambatan informasi.

Teknologi EFI (Electric Fuel Injection) adalah teknologi yang dapat digunakan secara otomatis. Pada motor konvensional, karburator bekerja untuk menyuplai bahan bakar, bersama udara ke dalam mesin. Pada sistem EFI komponen karburator disederhanakan hanya menjadi gas tanpa pilot jet. Sementara bahan bakar langsung disuplai dari tangki melalui injector yang penyemprotanya secara elektrik oleh ECU (Electronic Control Unit). Untuk lebih efisien.

Kelebihan motor injeksi

Lebih hemat dan efisien, karena volume bahan bakar dikalkulasi secara akurat oleh ECU. Bahkan akan menghasilkan keagungan yang selalu ideal.
Lingkungan yang lebih ramah, karena memiliki campuran yang ideal untuk menciptakan sesuatu yang lebih sempurna. Sehingga tidak menghasilkan gas yang berlebih.

Tidak ada sistem yang cocok untuk konsumsi suhu dingin masih dingin. Cukup yang dibutuhkan dan semakin banyak. Pada sistem EFI Cok tidak lagi perlu karena sudah ditetapkan oleh ECU.

Perawatan lebih sederhana, motor EFI tidak lagi memiliki pengaturan ISAS dan IMAS untuk tidak perlu repot melakukan penyetelan untuk mengatur RPM idle.
empat kewaspadaan di luar batas pekerja para calon pemilik motor. Tetapi mereka tidak tahu bahwa semakin tinggi teknologi maka juga akan semakin kompleks. Memang bisa dikatakan motor injection itu awet, tapi apa semua motor injection itu tidak bermasalah?

Itu tidak benar, ada beberapa motor yang sedang mengalami masalah seperti ini. Kalau motor karbu sih paling percontohan jetnya mampet atau businya kotor. Tapi bagaimana dengan motor injeksi? apa penyebabnya?
Penyebab motor injeksi dan cara menghidupkanya
Berbeda dengan motor karburator yang lebih mudah dilakukan, sepeda motor berteknologi EFI memiliki sirkuit cukup rumit. Saat ini motor mogok, tidak melulu diakibatkan dari busi. Ada beberapa penyebab motor injection.


1. Motor Mogok Karena Kehabisan Bensin.
Pecahan paling sepele motor adalah bensin. Sejumlah orang beranggapan bahwa motor Injection tidak bisa dipakai untuk membelikan mesin untuk susah dihidupkan.
Memang benar, teknologi EFI mengimpor bahan bakar dalam sistem bahan bakar-nya. Untuk menambah bensin, ada yang masuk ke dalam fselang. Hal ini menyebabkan motor akan sulit untuk distarter dengan menggunakan sistem.

Kondisi ini tidak memungkinkan karena motor telah dilengkapi dengan sistem yang dapat mengeluarkan udara atau pendarahan secara otomatis.

Untuk memulihkan motor injeksi yang sempurna, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan
  • langkah awal Anda telah memasukkan bensin ke dalam tangki.
  • Lalu putar kunci kontak ke posisi ON, dan tahan sekitar 4 detik.
  • Kemudian putar kembali ke posisi OFF.
  • Tekan cara ini tiga hingga lima kali.
Tujuanya saat kunci kontak pada posisi ON fuel pump akan memompa bensin ke dalam cadang. Jika kita melakukan hal ini maka akan seperti proses perdarahan. Udara di dalam bensin akan terkumpul pada ujung injektor.

Setelah itu, silakan mulai mesin motor seperti biasa.

2. Motor Mogok Karena Aki Tekor.
Untuk penyebab berikut juga bisa dibilang sering terjadi. Baterai atau aki adalah komponen penyimpan arus listrik pada kendaraan yang dapat digunakan untuk menyupai energi listrik ke sistem elektrikal motor.
Pada motor konvensional, aki hanya saat proses starter. Namun pada motor injeksi, aki tidak hanya mengeluarkan pada sistem starter tapi juga untuk menstabilkan arus kelistrikan motor.

Ketika aki tekor, maka tegangan akan turun. Imbasnya arus listrik ke ECU beserta pompa bahan bakar juga akan turun. Sehingga motor bisa mati total.
Solusi terbaik untuk memperbaiki masalah ini yaitu dengan melakukan pemulihan baterai. Namun dalam kondisi genting, Anda bisa melakukan jumper dengan aki pada motor lain. Alat yang hanya dibutuhkan dua buah kabel jumper. Simpul secara paralel terminal (+) dengan (+), dan (-) dengan (-) pada aki. Saat mesin sudah hidup, kebutuhan akan listrik akan disuplai oleh mesin altenator.

3. Motor Mogok Karena Fuel Pump mati.
Pompa bahan bakar atau pompa bensin hanya akan kita temui pada mesin yang berteknologi Efi. Fungsinya untuk menyuplai bahan bakar dari tangki dengan bensin dengan yang tertentu.
Pada sistem injeksi pompa bahan bakar vital. Karena dapat digunakan dari injektor dalam kondisi presisi. Ketika pompa bahan bakar tidak beroperasi, tidak ada lagi bahan bakar pada sistem injeksi. Hal itu menghasilkan bensin tidak bisa keluar dari dalam injektor.
Untuk mengecek pompa bahan bakar, Anda cukup posisikan kunci ke posisi ON. Jika pompa bahan bakar akan melakukan bunyi dengungan dari dalam tanki hingga beberapa detik. Namun demikian bunyi itu tidak dapat dilakukan sehingga dapat dipastikan bahwa pompa bahan bakar rusak. Kondisi ini biasanya juga dilalui dengan indikator memeriksa mesin yang menyala. Untuk mengatasi hal ini Anda perlu melakukan penggantian fuel pump.

4. Motor Mati Karena Busi.
Busi menjadi komponen yang mengeluarkan dalam proses penyalaan mesin pembakaran. Busi ini juga menjadi komponen vital karena langsung dalam proses pembakaran mesin.
Baik motor atau injeksi, masalah motor yang dapat diakibatkan oleh busi atau sering terjadi. Gejalanya motor biasanya akan brebet komposer RPM lama dan bisa tiba-tiba saja mati dan sulit dihidupkan lagi.
  • Penyebab Mesin Injeksi Brebet
  • Penyebab Busi Motor Basah + Solusinya
  • Oli Naik Ke Busi, Begini Cara Mengatasinya
Penyebab utama adalah karena adanya pembakaran yang kurang sempurna, timbunan deposit dalam ruang bakar, atau karena kesalahan pemilihan busi sebelumnya.

Hal-hal itu bisa menjadi penyebab mengapa usia menjadi sangat singkat. Solusinya, jelas penggantian busi. Tapi sebelum kita mengganti dengan yang baru, kita harus benar-benar mengecek kondisi lain selain busi.

Apa saja?
  1. Pastikan kondisi ruang bersih dari deposit, untuk memastikan Anda bisa membersihkan ruang bakar menggunakan sprayer carbon cleaner.
  2. Pastikan memeriksa mesin tidak menyala.
  3. Pastikan kontrol kecepatan idle juga bersih, Anda bisa cek ISC didekat throtle body motor anda.
  4. Pastikan Anda menggunakan busi dengan spesifikasi pas, yang terpenting telah dilabeli Resistor (bisa label R atau U).
  5. Coba bersihkan dahulu busi lama motor anda, dan tetap ganti dengan yang baru.

5. Kerusakan pada salah satu sensor.
Pada sistem Efi, juga dapat sensor yang berfungsi untuk mengecek keadaan pada area tertentu. Sensor ini akan mengirim data yang berisi aliran udara, dan suhu aliran udara intake. Jika ada kerusakan pada sensor maka akan berefek pada mesin yang hidup tidak sempurna hingga mati. Masalah-masalah ini diawali dari lampu Periksa mesin yang menyala. Untuk mengetahui sensor mana yang Anda perlukan scanner, atau meluncurkan ke bengkel resmi.

6. Motor Mati Terkena Air / menerjang banjir.
Untuk menyebabkan kali ini, memang diakibatkan oleh pengguna itu sendiri. Udara ini dapat masuk dari lubang saringan udara. Meskipun demikian, Anda dapat menerjang banjir dengan volume yang tinggi atau membersihkan motor sembarangan kemudian udara dapat dengan mudah masuk kedalam mesin.
Solusinya, Anda perlu mengeringkan busi dan bagian dalam mesin. Caranya lepas busi motor Anda, kemudian nyalakan tombol kontak pada posisi OFF. Sla motor Anda menggunakan kick starter hingga beberapa kali, langkah ini bertujuan untuk mengeringkan bagian dalam mesin. Terakhir pasang kembali busi dan nyalakan seperti biasa.

Tips agar motor tidak gampang mogok

Menghasilkan beroktane tinggi, karena motor sangat sensitif terhadap kualitas-kualitas buruk.
Selalu panaskan motor dipagi hari sebelum melaju, agar aki bisa terisi dengan penuh.
Pastikan Anda servis rutin, minimal 2 kali dalam sebulan.






Related : Tips Mudah Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mogok

0 Komentar untuk "Tips Mudah Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mogok"

Thanks banget ya udah Baca postingan dari saya. Silahkan Ikuti dan Share jika kalian suka & jangan lupa coment dibawah yah guys✌
Saya usahain akan balas semua coment dari kalian..☺

Note: Only a member of this blog may post a comment.

iklan

">