Membayangkan Kehidupan Pekerja di Era Robot


Saya mencoba membayangkan bagaimana kehidupan robot atau apa yang disebut otomatisasi mengisi dunia atau setidaknya di negara saya, Indonesia. Prediksi ini telah muncul dari banyak fenomena.

Mobil pintar, robot wartawan hingga robot sungguhan dari Jepang yang setiap bulannya lebih canggih dan dapat melayani kebutuhan paling mendasar dari aktivitas seksual manusia tersebut.

Selain itu, pengusaha sukses, Bapak Chairul Tanjung (CT), pemilik salah satu perusahaan media besar di Indonesia, telah berulang kali mengatakan tentang era berbahaya ini yang katanya dapat memangkas tenaga kerja.

Ini CT. Naluri bisnisnya kuat. Dia memprediksi pentingnya Entertainment Television yang kini menjadi sangat populer. Sekarang dia memprediksi banyak pengangguran karena revolusi digital. 

Saya membayangkan bahwa suatu hari saya bangun jam 04:00 pagi. Setelah itu saya sarapan dengan ikan daging, telur dan sedikit buah di atas meja. Setelah makan saya membuka gadget pintar untuk mencari layanan aplikasi transportasi online. Saya memilih mobil.

Jika mobil pintar itu berkembang saya bayangkan di era era canggih itu ada dua pilihan untuk aplikasi online, manusia atau robot. Biaya robot lebih murah daripada manusia. Secara logika robot tidak perlu makan dan istri. Beban hidupnya sangat rendah. Perbedaannya mungkin hampir setengah dari harga manusia.

#Datangnya Mobil Tanpa Awak/pengemudi.

Hanya ada mesin penggerak otomatis. Mobil itu berjalan sendiri. Sendiri di dalam mobil kadang baik karena lega tetapi ingin berbicara dengan siapa? Jalan demi jalan berlalu tanpa mengeluh tanpa cerita keren dari pengemudi.

Jujur saja suasana ini yang bisa hilang karena pengemudi biasanya banyak cerita asik dari dunia malam ke politik. Terkadang kita tahu liku-liku kehidupan jalanan yang keras dari cerita mereka.

Untuk menjaga keamanan, saya hanya berharap bahwa mobil itu tidak mengenai apa-apa karena jika ada sesuatu yang saya harus susah juga. Untungnya, mobil lambat karena diatur secara otomatis.

Tanpa sadar saya masuk ke kantor selama satu jam perjalanan, turun dan membuka pintu tanpa ucapan terima kasih dan senyuman. Setelah lantai bawah tidak ada staf yang ramah. Pintu terbuka secara otomatis. Saya masuk ke ruangan berukuran 10 hingga 15 meter. Di dalamnya hanya ada puluhan staf.

Kantor saya memiliki banyak pekerja freelance karena beberapa dari mereka digantikan oleh aplikasi dan sistem otomatis. Input data telah digantikan oleh robot. Siapa yang masih bisa menggunakan pewawancara hanya manusia. Beruntung masih ada penjualan lewat oleh beberapa gadis cantik untuk menunggu janji dengan klien.

#Bekerja Merasa Sendiri.

Terkadang bekerja di tempat yang tenang tidak baik. Ada jiwa yang kesepian di belakang jalan kantor pendakian dan penuh dengan dokumen yang meminta untuk dibuka. Saya bisa merasa kesepian karena banyak pekerja yang dipangkas dan digantikan oleh robot.

Cukup ambisius karena pengusaha ingin meratakan pendapatan pertumbuhan ganda. Penghasilan yang ditujukan kepada pemilik modal dan mungkin kepada para pekerja.

Ketika menunjukkan paparan kinerja, sutradara benar-benar ingin membanggakan pencapaian kinerja dengan grafis keren. Mereka berusaha dipertahankan oleh pemegang saham. Begitu juga saya. Saya harus bekerja selama sembilan atau sepuluh jam untuk memenuhi kehidupan dasar.

#Saat makan siang saya melihat di luar ada pekerja asing.

Pekerja rata-rata memiliki keterampilan berkualitas tinggi. Jika mereka tidak dibayar cukup besar, mereka akan memilih untuk tinggal di negerinya sendiri. Sebagian besar berasal dari China dan India. Dikatakan bahwa mereka lebih diinginkan karena gaji yang lebih rendah dari pekerja Eropa tetapi masih di atas orang Indonesia. Nasib tidak adil.

Coba bayangkan bagaimana jika pekerjaan itu semakin rumit tetapi kualitas sumber daya manusia yang rendah? Bagaimana nasib orang Indonesia di tanah yang menjadi pemburu pasukan kolonial ini?

Jika Indonesia dijajah oleh Belanda dan sekutu-sekutunya, di masa depan musuh akan menjadi robot dan tenaga kerja asing yang murah. Itulah masalahnya.

Lalu aku bertemu temanku. Beberapa bermain catur atau menonton televisi ketika orang kembali dari pekerjaan. Kehidupan mereka memang terlihat menyenangkan, tanpa jam kerja dan bebas datang kemana-mana. Mereka juga menjadi korban dari era digital ketika robot menggantikan driver dan hal-hal lain yang secara otomatis menggantikannya.

#Sebagian besar dari mereka tidak memiliki pilihan selain menjadi pengecer toko online atau pekerja freelance.

Menjadi penjual tidak mudah karena banyak penjual. Tokopedia penuh dengan penjual dan pembeli sementara banyak mal dipenuhi dengan pengunjung kecil. Penjual rata-rata menjual barang di media sosial. Tidak heran jika pengeluaran konsumsi sangat tinggi.

Pekerjaan freelance penuh ketidakpastian. Jika suami tidak mendapatkan uang, istri bisa marah, sang suami dapat dilarang memasuki kamar mereka. Saya ragu pekerja freelance dapat dibayar tinggi.

Saya pesimis itu bisa terjadi karena biasanya pasokan tinggi bisa membuat biaya murah. Teori yang telah dikatakan oleh bapak ekonomi Adam Smith.

Pada dasarnya mereka bekerja keras untuk memenuhi beban keluarga dan kesenangan bagi anak-anak dan pasangan. Beruntung bagi mereka yang bisa bertahan hidup. Misalnya untuk menjadi pengusaha dalam skala kecil atau menengah. Mungkin bisa lebih baik daripada Tuan CT.

Lalu, bagaimana dengan yang kalah dan tenggelam dalam peradaban, sementara jaminan sosial dari negara tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup minimal ?. Jika seperti ini apakah kriminalitas tidak muncul? Jika ya, apakah itu bagus? Saya harap pemerintah tahu cara mengatasi gangguan digital ini.


Related : Membayangkan Kehidupan Pekerja di Era Robot

0 Komentar untuk "Membayangkan Kehidupan Pekerja di Era Robot"

Thanks banget ya udah Baca postingan dari saya. Silahkan Ikuti dan Share jika kalian suka & jangan lupa coment dibawah yah guys✌
Saya usahain akan balas semua coment dari kalian..☺

Note: Only a member of this blog may post a comment.

iklan

">