Tips Menanam Tanaman Gandum

Gandum adalah salah satu tanaman pangan paling penting di dunia. Diyakini bahwa sanak famili gandum pertama tumbuh di Timur Tengah. Gandum adalah salah satu tanaman pertama yang dibudidayakan. Itu tumbuh sekitar 11.000 tahun yang lalu.

Perubahan besar dalam kehidupan manusia terjadi karena tumbuhan gandum. Orang mulai menanam makanan mereka sendiri dan tidak lagi perlu berkeliaran mencari makanan. Permukiman permanen didirikan karena gandum menyediakan makanan yang stabil bagi orang-orang. Segera orang menanam gandum yang cukup untuk memberi makan orang-orang dari negeri lain. Begitu ada gandum tambahan yang tersedia, perdagangan di antara berbagai budaya berkembang.

Dengan 4.000 SM pertanian gandum telah menyebar ke Asia, Eropa dan Afrika Utara. Spesies gandum baru dikembangkan karena petani awal mungkin memilih biji dari tanaman gandum terbaik mereka untuk digunakan sebagai benih untuk menanam tanaman tahun berikutnya. Dengan begitu, hanya kualitas gandum terbaik yang dilewatkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Kemudian gandum menjadi tanaman yang populer di dunia.


Gandum sendiri merupakan bahan baku pembuatan roti dan mie. Kondisi tanah dan iklim yang ada di negara Indonesia sendiri sebenarnya memenuhi persyaratan tumbuhnya Tanaman Pangan  yang satu ini. Untuk Anda yang tertarik membudidayakan tanaman gandum, sebaiknya ketahui Cara Menanam Gandum yang baik dan benar terlebih dulu. Sebenarnya, budi daya gandum sendiri mempunyai beberapa keunggulan dan kemudahan daripada bertanam padi. Adapun keuntungan menanam gandum di antaranya biaya pemupukan lebih rendah. Bertani gandum sendiri bisa memutuskan siklus pada hama dalam Tanaman kentang. Kemudian, bila dilihat berdasarkan pemeliharaan sendiri tanaman padi memerlukan pemeliharaan lebih sensitif. Tanaman gandum ini tahan dari hama burung sebab gabahnya yang berduri. Serta proses panen dari tanaman gandum pun sangat mudah dilakukan.

Panduan Penanaman


#CATATAN

Siapkan area yang dipilih untuk menanam gandum. Jika ladang sebelumnya telah digunakan untuk keperluan pertanian, menghaluskan tanah dengan penggaruk. Gali parit panjang menggunakan sekop atau gunakan bor gandum komersial yang pada traktor untuk membajak ladang dan menggali parit-parit sempit yang panjang.

Lahan paling cocok atau paling ideal menumbuhkan gandum adalah ketinggian hingga 800 mdpl dengan suhu sekitar 25 derajat celcius. Adapun tanaman gandum sendiri memerlukan curah hujan sekitar 600 mm/tahun. Lalu lahan ideal untuk budidaya gandum mempunyai tingkat kelembaban udara yang tinggi, sekitar 80-90%. Adapun jenis tanah paling baik digunakan untuk menanam tanaman gandum, di antaranya andesol, tanah aluvial, regosol kelabu maupun latosol.

Gunakan pupuk alami dalam jumlah sedang untuk menyuburkan tanah dan pastikan pertumbuhan batang gandum yang tepat. Lempar biji gandum di alur menggunakan gerakan melingkar setengah lengan Anda atau pasang bor biji-bijian ke traktor untuk menanam benih. Untuk area kering, taburi sejumlah kecil biji. Gandum yang dibudidayakan menggunakan air di tanah lebih cepat.

Sambil menggarap tanah, Anda pun dapat melakukan pembibitan. Adapun cara untuk menanam bibit gandum dapat dilakukan dengan cara menyemaikan bibit-bibit gandum sampai terlebih dulu tubuh daun pada lahan persemaian. Bisa juga menanam bibit tersebut secara langsung pada atas bedengan berjarak sekitar 25 x 25 cm. Anda bisa menyesuaikan cara tanam tersebut sesuai kondisi.

Sirami ladang gandum dua sampai tiga kali selama musim panas yang kering. Tanaman gandum musim dingin membutuhkan air hanya ketika benih ditanam. Gandum tumbuh paling baik di iklim kering; Namun, periksa kelembaban tanah dari tanaman musim dingin di awal musim semi dan air jika batang gandum tampak kering dan sangat kering. Pertimbangkan mengairi lahan yang dibudidayakan dengan menggunakan penyemprot.

Pantau ladang gandum secara teratur. Gunakan sabit untuk memotong biji gandum setelah batang gandum yang telah kuning dan biji-bijian dikeringkan sepenuhnya. Atau gunakan mesin untuk memotong tanaman dengan cara yang cepat dan rapi.

#MEMPERTAHANKAN

Sirami biji gandum segera setelah penanaman dan setiap bulan sekali selama musim tanam. Jika area Anda mendapat banyak hujan, Anda mungkin tidak perlu menyiram tanaman sama sekali.

Cara menanam gandum yang benar berikutnya tak luput dari perlindungan dan pencegahan terhadap hama maupun penyakit. Adapun cara paling tepat yaitu dengan penyemprotan fungisida atau insektisida termasuk cara yang sangat praktis menyingkirkan hama dalam tanaman gandum. Untuk pemakaian pestisida sendiri tentu wajib mempertimbangkan harga dari pestisida yang cenderung lebih mahal. Pencegahan penyakit melalui penyemprotan fungisida dan insektisida biasanya dilakukan sekali dalam seminggu secara bergiliran.

Tempatkan beberapa bendera atau pita plastik di seluruh tambalan gandum Anda. Kebisingan yang dibuat oleh tiupan angin meniupkan angin dari pendaratan dan menakut-nakuti burung di lapangan. Ini akan mencegah burung memakan biji gandum sebelum mereka memiliki kesempatan untuk bertunas.

Beri makan gandum dengan pupuk dua kali selama musim tanam.

Panduan Pemanenan


#PANEN

Periksa untuk melihat apakah gandum cukup matang untuk dipanen. Gandum biasanya dipanen dari musim semi ke awal musim panas, tergantung pada cuaca. Untuk menguji tanaman, gosokkan kepala gandum di antara jari-jari Anda dan kunyahlah sepotong gandum. Jika biji-bijian pecah di mulut Anda dan menjadi lunak saat Anda mengunyahnya, ia siap dipanen.

Siapkan tempat untuk gandum yang dipanen sebelum Anda mulai panen. Jika Anda berencana menyimpannya di peternakan, pilih lokasi yang jauh dari peternakan yang tahan cuaca. Bersihkan semua yang tersisa dari tanaman terakhir yang disimpan di daerah tersebut. Jagalah agar area dingin dan kering untuk menjaga kesegaran gandum dan menjauhkan dari hama.

Sesuaikan kombinasi yang Anda gunakan untuk memanen gandum. Baca panduan pemilik yang datang dengan gabungan untuk melihat bagaimana menyesuaikan pengaturan untuk tanaman gandum Anda. Periksa sabit dan pastikan sabitnya cukup tajam untuk dipotong bersih.

Berencana untuk memanen gandum dengan kualitas tertinggi terlebih dahulu. Simpan ladang yang memiliki banyak gulma untuk terakhir, karena hasil gandum jauh lebih rendah.

Ambil gandum yang baru dipanen ke lift gandum lokal sesegera mungkin setelah panen.

#MENYELAMATKAN BIJI

Kumpulkan kepala bibit saat mereka mengeringkan tanaman dan simpan dalam kantong kertas tertutup untuk menyelesaikan pengeringan (banyak biji
akan ditumpahkan secara alami). Chaff mudah meledak setelah kepala biji hancur (lihat duri atau duri pada beberapa orang
tanaman).







Related : Tips Menanam Tanaman Gandum

0 Komentar untuk "Tips Menanam Tanaman Gandum"

Thanks banget ya udah Baca postingan dari saya. Silahkan Ikuti dan Share jika kalian suka & jangan lupa coment dibawah yah guys✌
Saya usahain akan balas semua coment dari kalian..☺

Note: Only a member of this blog may post a comment.

iklan

">